Ilmuwan menemukan medan magnet bumi akan berbalik arah dalam 100 tahun

medan magnet bumi akan berbalik arah
medan magnet bumi akan berbalik arah foto dailymail

Para ilmuwan menemukan fakta baru yang menunjukkan bahwa kutub medan magnet bumi akan berbalik kurang dari 100 tahun. Studi bahkan itu menunjukkan bahwa pembalikan medan magnet bumi bisa terjadi lebih cepat dari perkiraan.

Perubahan medan magnet bumi merupakan hal yang pernah terjadi berulang kali dalam sejarah bumi. Maka pembalikan kutub medan magnet bumi akan membuat kompas akan berbalik arah dengan menunjuk arak selatan sebagaimana telah berlaku dalam kurun waktu ribuan tahun terakhir.

Medan magnet bumi sebagaimana penelitian para ahli untuk pertama kalinya telah menunjukkan intensitas yang menurun drastis dan mulai berbalik arah. Menurut penelitian tim Ilmuwan Italia, Prancis, Universitas Columbia dan Universitas California menunjukkan bahwa pembalikan kutub medan magnet bumi terjadi terakhir kali 786 ribu tahun yang lalu. 

Sedangkan saat ini, menunjukkan proses pembalikan ini terjadi sangat cepat. Data paleontologi telah tersaji dengan sangat baik. Demikian papar seorang ilmuwan dari Universitas California Courtney Sprain dalam harian Daily Mail, Kamis 16 Oktober 2014.

Data yang diperoleh oleh tim peneliti tersaji dengan sangat baik sehingga para peneliti dapat mengetahui berapa cepat proses pembalikan dapat terjadi. Catatan magnetik di Bumi yang diperoleh oleh tim peneliti menunjukkan bahwa pembalikan 180 derajat medan magnet bumi telah di dahului ketidak stabilan yang terjadi selama 6000 tahun.

Adapun potensi kerusakan atau dampak bagi kehidupan manusia karena pembalikan medan magnet bumi saat ini masih dicari. Sebagaimana diketahui bahwa medan magnet bumi telah melindungi manusia dari energi matahari dan sinar kosmik yang dapat mengakibatkan mutasi. Sehingga pembalikan medan magnet bumi dapat meningkatkan resiko kanker. 

Sedangkan dampak lain adalah kemungkian pembalikan medan magnet ini akan berpotensi mengakibatkan kekacauan jaringan listrik di Bumi. Bahkan kemungkinan besar listrik di Bumi akan padam. 

sumber dream.co.id
viral-indo

Posting Komentar untuk "Ilmuwan menemukan medan magnet bumi akan berbalik arah dalam 100 tahun"