Inspirasi Usaha yang Pas Untuk Anak Kampus

Inspirasi Usaha yang Pas Untuk Anak Kampus
Menjadi mahasiswa bukan berarti Anda tidak bisa mencari uang sendiri. Banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya yaitu terjun ke dunia bisnis.

Bagi Anda mahasiswa yang ingin memulai usaha tapi masih bingung ingin memulai usaha apa, bisnis pisang sale ala Anggi Taufan Maulana ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi Anda.  Omzetnya? Lumayan, belasan hingga puluhan juta. Berikut kisahnya.

Bisnis Pisang Sale Kingdom yang digeluti oleh pria 24 tahun bermula ketika ia di bangku kuliah. Pada waktu itu dalam tugas kuliahnya ia diminta untuk memulai sebuah usaha dengan modal Rp500 ribu.  Ia pun terpikir untuk memulai usaha kuliner pisang sale.

“Pada saat memulai usaha pisang sale tidak ada ketertarikan khusus sebenarnya. Namun dengan modal yang ada segitu, kami mencoba membuat inovasi dari makanan lokal Indonesia agar menjadi lebih kaya rasa dan bisa diterima pasar yang lebih luas,” kata Taufan pada redaksi suaraumkm, Jumat (22/4/2016).

Diakui pria kelahiran Jakarta ini, pada saat memulai bisnis Pisang Sale Kingdom banyak menemui kendala. Mulai dari terbatasnya modal, hingga ia harus belajar bagaimana membuat pisang sale yang garing. Semuanya ia pelajari secara otodidak.

“Tekstur pisang sale yang tipis dan garing membuat pisang sale harus mendapatkan perlakuan khusus dalam pengolahan, karena ketika proses pemotongan biasanya retak dan hancur sehingga mengurangi value dan membuat ukuran tidak sama besar,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berusaha keras agar produk pisang jualannya berbeda dengan yang sudah banyak di pasaran. Mengingat, persaingan di bisnis ini lumayan sengit.

“Kami membuat keripik pisang atau pisang sale dengan kualitas yang baik. Dari segi kerenyahan, rasa, dan juga kemasan.,” tambah dia.

Dibantu empat orang temannya, ada 3 varian rasa pisang sale yang dijual Taufan. Diantaranya original, choco milo, greentea matcha. Untuk satu bungkus pisang sale isi 150gram dibandrol seharga Rp25 ribu. Taufan juga membuka jaringan untuk reseller yang ingin kembali menjual produknya. Meski enggan menyebutkan omzetnya, Taufan mengaku bisa meraup keuntungan belasan hingga puluhan juta rupiah.

Meski terhitung masih muda, namun Taufan memiliki obsesi yang tinggi. Ia bercita-cita ingin memasarkan produknya di Asia. Ia juga tidak pernah menyerah ketika memulai usaha ketika banyak yang mengkritik produknya. Semuanya itu ia hadapi dengan lapang dada. Karena bagi dia, kritikan tersebut justru akan membangun dirinya.

Tidak hanya itu, Taufan juga tidak pelit memberikan tips bagi para mahasiswa yang ingin mencoba terjun ke dunia bisnis.

“Untuk yang memulai bisnis seperti ini, saran saya tidak usah takut dengan modal awal. Anda bisa asal anda mau dan berani. Selain itu usaha makanan masih menjadi peluang yang sangat besar,” tutup dia*

Posting Komentar untuk "Inspirasi Usaha yang Pas Untuk Anak Kampus"