Survei Nielsen 2016 : Produk Lokal Tetap Digemari

Survei Nielsen 2016 : Produk Lokal Tetap Digemari
Memasuki Era Masyarakat Ekonomi ASEAN para pebisnis dalam negeri tentunya tak perlu khawatir dengan serbuan produk luar negeri. karena produk lokal tetap digemari konsumen lokal

Merujuk pada survei Nielsen Go Global 2016, rasanya mungkin. Menurut hasil survei tersebut, perusahaan lokal, berdasarkan hasil temuan Nielsen, akan tetap menjadi primadona karena perilaku belanja konsumen menunjukkan hal tersebut.

Hasil survei tersebut mencatat beberapa alasan mengapa konsumen masih menyukai produk lokal ketimbang produk global, mari kita simak;

Bangga dengan merek lokal
Dalam survey, Nielsen bertanya apakah konsumen lebih senang membeli produk global (produk yang terjual di banyak negara) ketimbang produk lokal (yang hanya dibuat dan dijual di negara asal responden). Ternyata mereka lebih menyukai produk lokal. Salah satu faktor kuncinya adalah keinginan mereka untuk mendukung merek lokal.

Tumbuh Lebih Cepat
Survei Nielsen juga menyebut jika produk lokal mengalami pertumbuhan lebih cepat ketimbang merek global. Hal ini diiringi dengan semakin tingginya pemahaman produsen lokal terhadap pasar mereka.

Lebih Memahami Konsumen
Dari survei Nielsen diketahui jika tiga dari lima konsumen, khususnya  di Asia Tenggara, memercayai jika merek lokal lebih memahami kebutuhan dan selera mereka. Misalnya di bidang bisnis makanan dan minuman. Kedua kategori ini memiliki pertumbuhan tinggi. Yaitu sekitar 17% untuk produk minuman dan 10 % untuk produk makanan.

Tawaran harga lebih pas

Harga adalah faktor yang paling diperhitungkan konsumen dalam berbelanja. Produsen lokal disebut mampu memberikan penawaran harga yang lebih sesuai dengan selera konsumen namun diiringi dengan kualitas yang tak kalah baik dengan merek global.

Melihat hasil survei tersebut, rasanya Anda yang memiliki produk lokal tak perlu khawatir dengan era MEA karena pasarnya masih ada. Yang terpenting adalah menggenjot promosi agar konsumen lokal mengenali produk Anda.

Posting Komentar untuk "Survei Nielsen 2016 : Produk Lokal Tetap Digemari"