cara menjaga daya tahan tubuh selama pandemi

cara menjaga daya tahan tubuh selama pandemi |  Cara bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan melawan penyakit

Bagaimana Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda? Secara keseluruhan, sistem kekebalan tubuh Anda melakukan pekerjaan yang luar biasa untuk membela Anda terhadap mikroorganisme penyebab penyakit. Tapi kadang-kadang gagal: Kuman menyerang dengan sukses dan membuat Anda sakit. Apakah mungkin untuk campur tangan dalam proses ini dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda? Bagaimana jika Anda meningkatkan diet Anda? Mengambil vitamin tertentu atau persiapan herbal? Membuat perubahan gaya hidup lain dengan harapan menghasilkan respons kekebalan yang hampir sempurna?


cara menjaga daya tahan tubuh selama pandemi


Apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda?

Gagasan untuk meningkatkan kekebalan Anda menarik, tetapi kemampuan untuk melakukannya telah terbukti sulit dipahami karena beberapa alasan. Sistem kekebalan tubuh persis seperti itu - sistem, bukan satu kesatuan. Agar berfungsi dengan baik, dibutuhkan keseimbangan dan harmoni. Masih banyak yang para peneliti tidak tahu tentang seluk-beluk dan keterkaitan respon imun. Untuk saat ini, tidak ada hubungan langsung yang terbukti secara ilmiah antara gaya hidup dan peningkatan fungsi kekebalan tubuh.


Tapi itu tidak berarti efek gaya hidup pada sistem kekebalan tubuh tidak menarik dan tidak boleh dipelajari. Para peneliti mengeksplorasi efek dari diet, olahraga, usia, stres psikologis, dan faktor-faktor lain pada respon imun, baik pada hewan maupun pada manusia. Sementara itu, strategi hidup sehat umum masuk akal karena mereka mungkin membantu fungsi kekebalan tubuh dan mereka datang dengan manfaat kesehatan terbukti lainnya.


Cara sehat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda

Garis pertahanan pertama Anda adalah memilih gaya hidup sehat. Mengikuti pedoman kesehatan umum yang baik adalah satu-satunya langkah terbaik yang dapat Anda ambil untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda bekerja dengan baik. Setiap bagian dari tubuh Anda, termasuk sistem kekebalan tubuh Anda, berfungsi lebih baik ketika dilindungi dari serangan lingkungan dan didukung oleh strategi hidup sehat seperti ini:


  1. Jangan merokok.
  2. Makan diet tinggi buah-buahan dan sayuran.
  3. Berolahraga secara teratur.
  4. Pertahankan berat badan yang sehat.
  5. Jika Anda minum alkohol, minumlah hanya secukupnya.
  6. Dapatkan tidur yang cukup.
  7. Ambil langkah-langkah untuk menghindari infeksi, seperti sering mencuci tangan dan memasak daging secara menyeluruh.
  8. Cobalah untuk meminimalkan stres.
  9. Tetap terkini dengan semua vaksin yang direkomendasikan. Vaksin prima sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan infeksi sebelum mereka memegang dalam tubuh Anda.


Meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara yang sehat

Banyak produk di rak-rak toko mengklaim dapat meningkatkan atau mendukung kekebalan tubuh. Tetapi konsep meningkatkan kekebalan sebenarnya tidak masuk akal secara ilmiah. Bahkan, meningkatkan jumlah sel dalam tubuh Anda – sel kekebalan atau orang lain – belum tentu hal yang baik. Misalnya, atlet yang terlibat dalam "doping darah" – memompa darah ke dalam sistem mereka untuk meningkatkan jumlah sel darah mereka dan meningkatkan kinerja mereka – berisiko stroke.


Mencoba untuk meningkatkan sel-sel sistem kekebalan tubuh Anda sangat rumit karena ada begitu banyak jenis sel dalam sistem kekebalan tubuh yang merespon begitu banyak mikroba yang berbeda dalam banyak hal. Sel mana yang harus Anda tingkatkan, dan untuk nomor berapa? Sejauh ini, para ilmuwan tidak tahu jawabannya. Apa yang diketahui adalah bahwa tubuh terus menghasilkan sel-sel kekebalan tubuh.


Tentu saja, ia menghasilkan lebih banyak limfosit daripada yang bisa digunakan. Sel-sel ekstra menghilangkan diri melalui proses alami kematian sel yang disebut apoptosis – beberapa sebelum mereka melihat tindakan apa pun, beberapa setelah pertempuran dimenangkan. Tidak ada yang tahu berapa banyak sel atau campuran sel terbaik yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh untuk berfungsi pada tingkat optimalnya.


Sistem kekebalan tubuh dan usia

Seiring bertambahnya usia, kemampuan respons kekebalan tubuh kita menjadi berkurang, yang pada gilirannya berkontribusi terhadap lebih banyak infeksi dan lebih banyak kanker. Karena harapan hidup di negara-negara maju telah meningkat, demikian juga kejadian kondisi yang berkaitan dengan usia.


Sementara beberapa orang menua dengan sehat, kesimpulan dari banyak penelitian adalah bahwa, dibandingkan dengan orang yang lebih muda, orang tua lebih mungkin tertular penyakit menular dan, yang lebih penting lagi, lebih mungkin meninggal karena mereka. 


Infeksi pernapasan, termasuk, influenza, virus COVID-19 dan terutama pneumonia adalah penyebab utama kematian pada orang di atas 65 tahun di seluruh dunia. Tidak ada yang tahu pasti mengapa ini terjadi, tetapi beberapa ilmuwan mengamati bahwa peningkatan risiko ini berkorelasi dengan penurunan sel T, mungkin dari timus yang atrofi seiring bertambahnya usia dan menghasilkan lebih sedikit sel T untuk melawan infeksi. Apakah penurunan fungsi timus ini menjelaskan penurunan sel T atau apakah perubahan lain memainkan peran tidak sepenuhnya dipahami. Yang lain tertarik pada apakah sumsum tulang menjadi kurang efisien dalam memproduksi sel induk yang menimbulkan sel-sel sistem kekebalan tubuh.


Penurunan respon imun terhadap infeksi telah ditunjukkan oleh respon orang tua terhadap vaksin. Sebagai contoh, studi vaksin influenza telah menunjukkan bahwa untuk orang di atas usia 65, vaksin ini kurang efektif dibandingkan dengan anak-anak yang sehat (di atas usia 2 tahun). Tetapi meskipun ada pengurangan kemanjuran, vaksinasi untuk influenza dan S. pneumoniae telah secara signifikan menurunkan tingkat penyakit dan kematian pada orang tua bila dibandingkan dengan tidak ada vaksinasi.


Tampaknya ada hubungan antara nutrisi dan kekebalan pada orang tua. Suatu bentuk malnutrisi yang secara mengejutkan umum bahkan di negara-negara makmur dikenal sebagai "malnutrisi mikronutrien." Malnutrisi mikronutrien, di mana seseorang kekurangan beberapa vitamin penting dan mineral yang diperoleh dari atau dilengkapi dengan diet, dapat terjadi pada orang tua. Orang tua cenderung makan lebih sedikit dan sering memiliki lebih sedikit variasi dalam makanan mereka. Satu pertanyaan penting adalah apakah suplemen makanan dapat membantu orang tua mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang lebih sehat. Orang tua harus mendiskusikan pertanyaan ini dengan dokter mereka.



Posting Komentar untuk "cara menjaga daya tahan tubuh selama pandemi "