10 makanan khas sumatera barat beserta resepnya

 makanan khas sumatera barat beserta resepnya | Kuliner Minang senantiasa jadi primadona untuk siapa saja. Meski terasa pedas ataupun dikira memiliki santan yang banyak, tetapi senantiasa hendak berupaya lagi santapan itu. Kemudian apa saja santapan saran yang menggoyang lidah serta buat candu itu? Berikut penjelasannya.

10, makanan khas sumatera barat beserta resepnya


1. Randang

Santapan ini dinobatkan oleh CNN Internasional selaku santapan sangat lezat di dunia. Randang ialah santapan olahan daging dengan memakai bumbu yang memiliki antiseptik. Daging yang biasa dipakai merupakan daging sapi. Tetapi disebagian wilayah terdapat pula yang memakai ayam selaku bahan utama. Isi Randang terkadang pula dicampur dengan beberapa bahan lain, semacam kentang serta ketela tumbuhan.

2. Sate Padang

Didaerahnya sendiri di Sumatera Barat, Sate Padang cuma biasa di bilang sate. Sate pula mempunyai wujud yang berbeda-beda. Secara universal, terdapat 3 tipe sate yang terdapat, ialah Sate Padang, Sate Pariaman, serta Sate Padang Panjang.

Sate Padang mempunyai kuah yang lebih kental dengan bumbu kacangnya. Sate Pariaman mempunyai kuah bewarna merah, sedangkan Sate Padang Panjang mempunyai kuah bercorak kuning. Jadi kalian lebih suka sate yang mana?

3. Dendeng Balado

Santapan ini dibuat dari daging sapi yang diiris tipis serta dilumuri dengan rempah. Bila mau Dendeng Lambok, hingga irisan daging langsung di goreng serta dapat dinikmati. Tetapi bila mau Dendeng Masiak( kering), hingga irisan daging wajib dijemur terlebih dulu sehabis di bumbui sampai kering. Sehabis kering di goreng, serta di tokok di atas penggilingan cabe agar rasanya lebih gurih. Sehabis di goreng, hingga Dendeng dapat dilumuri dengan cabe merah yang sudah digiling halus ataupun agresif.

4. Ayam Pop

Santapan ini ialah olahan ayam yang digoreng, tetapi senantiasa bewarna putih. Perihal ini sebab saat sebelum di goreng, ayam direbus memakai air kelapa serta bawang putih.

5. Itiak Lado Mudo

Santapan ini ialah olahan daging bebek yang terdapat di wilayah Koto Gadang, Kabupaten Agam. Santapan ini ialah menu kesukaan untuk turis lokal serta mancanegara. Bebek yang dimasak merupakan bebek yang masih muda sebab mempunyai daging yang empuk. Umumnya yang berusia 6 bulan. Itu 5 diantara kuliner Minang yang sangat menggoda. Kalian telah menikmati seluruhnya?

6. Pongek Situjuah

Situjuah ialah nama suatu kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota. Situjuah memiliki suatu santapan khas yang cukup populer ialah Pongek ataupun Pangek Situjuah. Pongek sendiri ialah sajian berbahan bawah nangka muda ataupun cubadak.

Tampilannya menyamai gulai cubadak pada biasanya, cuma saja cubadak dipotong berdimensi lebih besar serta tebal. Selain itu, bumbu serta metode pengolahannya pula berbeda dengan gulai.

Soal bumbu, pongek serta gulai terbuat dengan rempah yang sama. Cuma saja pongek terbuat tanpa daun salam, daun serai, serta asam kandis.

Santan serta bumbu wajib diaduk bila memasak gulai. Berbeda dengan pongek yang cuma didiamkan serta ditutup rapat sampai matang.

7. Lapek Kampuang Aro

Di Pariaman pula terdapat suatu kuliner lezat bernama Lapek Kampuang Aro. Lapek ini wujudnya unik sebab kedua ujungnya diikat serta dirajut semacam peluru senapan mesin. Terdapat pula yang menyebutnya dengan Lapek Barajuik.

Lapek Kampuang Aro banyak dibuat di Kampuang Aro, suatu wilayah di Pakandangan, Kabupaten Padang Pariaman. Lapek ini tidak sering terbuat di wilayah lain sebab dimasak secara turun temurun serta metode memasaknya juga tidak dapat sembarangan.

Tidak hanya jadi santapan kesukaan untuk masyarakat Ranah Minang, Lapek Kampuang Aro pula kadangkala diekspor ke Malaysia.

8. Karupuak Sanjai

Siapa yang tidak tahu dengan karupuak sanjai, salah satu kuliner Minang yang kerap jadi kemilan ini. Rasanya yang kriuk serta pedas membuat kita tidak dapat menyudahi buat terus memakannya. Kuliner Minang yang satu ini pula kerap jadi oleh- oleh untuk wisatawan Nama sanjai berasal dari suatu wilayah di Bukittinggi serta dari sinilah awal mulanya industri rumahan karupuak sanjai mulai tumbuh. Apalagi, di wilayah Sanjai dikala ini industri ini telah masuk generasi ketiga apalagi keempat.

Masyarakat sanjai tadinya membeli singkong selaku bahan baku utama kerupuk ke wilayah Gaduik, sebab di wilayah Gaduik inilah ubi- ubi dengan mutu terbaik berkembang.

9. Nasi Kapau

Kapau ialah nama suatu nagari yang terletak di Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam. Terdapat satu tipe hidangan khas dalam Nasi Kapau, ialah Gulai Tambunsu. Gulai Tambunsu merupakan gulai di mana telur serta ketahui diolah serta dibungkus dalam usus sapi. Tekstur usus sapi yang kenyal berpadu dengan lembut serta padatnya kombinasi ketahui serta telur.

10. Katupek Pitalah

Pitalah merupakan nama suatu nagari yang terletak di Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Kekhasan Katupek Pitalah ada pada gulainya yanag ada cubadak, rebung serta lobak. Cubadak yang dipakai umumnya tidak sangat masak tetapi pula tidak sangat muda.

Posting Komentar untuk "10 makanan khas sumatera barat beserta resepnya"