12 oleh oleh dari sumatera barat

oleh oleh dari sumatera barat | Sumatera Barat ataupun ranah Minang memiliki bermacam- macam kuliner. Salah satu yang paling diketahui hingga ranah internasional merupakan rendang.

2 wilayah di Sumatera Barat yang sering jadi tujuan kuliner merupakan Padang dan Bukittinggi. Tidak hanya santapan berat, ada 12 jajanan dari Sumatera Barat yang cocok buat oleh- oleh. Jajanan ini bisa ditemui di Padang serta Bukittinggi.

Berikut 12oleh- oleh khas Sumatera Barat, mulai dari karupuak sanjai hingga baluik kariang.

12, oleh oleh dari sumatera barat


1. Karupuak sanjai

Dalam Bahasa Indonesia karupuak berarti kerupuk. Sedangkan sanjai merupakan nama wilayah

di Sumatera Barat tempat asal kerupuk ini. Sebagian orang lebih memahami karupuak sanjak selaku kerupuk ataupun keripik balado. Jajanan ini dibuat dari singkong yang diiris memanjang. Berikutnya dibaluri cabai merah dengan rasa pedas serta sedikit manis.

Sesungguhnya keripik balado sanjai merupakan hasil modifikasi dari keripik sanjai itu

sendiri. Aslinya, keripik sanjai merupakan keripik singkong tanpa kombinasi cabai. 2. Karak

kaliang Karak kaliang merupakan sejenis kerupuk yang dibuat dari ubi kayu ataupun singkong.

Bentuk karak kaliang bisa dengan gampang dikenali, ialah bercorak kuning berupa angka 8. Karak kaliang memiliki rasa gurih dengan after taste sedikit asam. Kalian dapat dengan gampang menciptakan karak kaliang di Padang, tempat asal kerupuk ini.

3. Randang talua

Santapan ringan satu ini berarti rendang telur. Randang talua merupakan santapan ringan semacam kerupuk dengan bumbu rendang kering. Randang talua dibuat dari telur dicampur tepung terigu. Setelah itu dibumbui, digoreng serta dicampur bumbu rendang. Bumbu randang talua membuat kudapan ringan ini bercita rasa lumayan pedas.

4. Karupuak jangek

Karupuak jangek merupakan kerupuk kulit berasal dari kulit kerbau ataupun sapi. Wujud khas karupuak jangek kotak. Sedangkan kerupuk kulit wilayah lain terdapat yang berupa persegi panjang. Metode membuat karupuak jangek, kulit sapi direbus serta dihilangkan bulunya. Setelah itu dijemur sepanjang sebagian hari, barulah digoreng. Kerupuk jangek pula

tersedia mentah siap goreng. Varian ini sesuai dijadikan oleh- oleh.

 

5. Kalamai

Kalamai merupakan kue manis sejenis dodol. Dibuat dari tepung ketan serta tepung beras

yang dimasak dengan santan serta gula aren sampai padat. Kalamai ataupun galamai memiliki cita rasa manis serta tekstur kenyal.

6. Ikan bilih

Ikan bilih merupakan oleh- oleh khas Sumatera Barat yang bisa diperoleh di wilayah Danau Singkarak. Dari danau indah di Padang Panjang inilah ikan bilih berasal. Ikan bilih terbatas cuma dapat didapatkan di wilayah ini. Ikan bilih merupakan tipe ikan air tawar yang ukurannya kecil. Selaku oleh- oleh, ikan bilih dikeringkan serta dikemas. Siap digoreng di rumah.

7. Kipang

Kipang dibuat dari biji- bijian ataupun kacang- kacangan yang disatukan serta dipadatkan

dengan gula aren. Biasanya kipang dibuat dari kacang tanah, namun di wilayah Minang terdapat

banyak opsi kipang. Mulai dari kipang kacang, kipang beras, hingga kipang jagung. Bentuk kipang umumnya persegi yang sesuai dilahap dalam sebagian gigitan saja buat camilan ringan. Rasanya manis, renyah, serta gurih.

8. Kue arai

Kue arai di Sumatera Barat sendiri biasa dijadikan selaku kue untuk lebaran. Tetapi, saat ini kue arai telah dijual di toko oleh- oleh. Kue arai merupakan kue goring yang dibuat dari tepung beras dicampur santan. Wujudnya irisan tipis semacam kerupuk kecil. Rupanya putih serta rasanya manis, gurih, serta tekstur renyah.

9. Batiah

Sekilas batiah mirip dengan rengginag, kelainannya dia dibuat dari beras ketan. Batiah berupa bundar semacam rengginang serta rasanya gurih. Metode membuat batiah merupakan

beras ketan dimasak, setelah itu dikeringkan serta digoreng. Batiah gampang ditemui di pusat

oleh- oleh Sumatera Barat. Kala berkunjung ke Padang jangan hingga kalian tertukar menyebutnya dengan rengginang, ya.

10. Bareh randang

 Bareh rendang ini merupakan kue manis yang dibuat dari tepung beras yang di“ randang” ataupun disangrai. Berikutnya dicampur dengan santan serta gula yang sudah dimasak. Karenanya kue ini di namai bareh yang berarti beras serta randang berarti disangrai. Umumnya bareh randang disajikan dalam wujud persegi dimensi 1 centimeter.

11. Kue sapik

Kue sapik jika di wilayah lain diketahui dengan nama kue semprong. Kue sapik dalam bahasa indonesia berarti kue jepit, karena pada proses pembuatannya adonan kue di jepit dengan 2 buah besi panas. Rasa manis serta renyah kue sapik diperoleh dari kombinasi adonan tepung beras, gula, telur, margarin, garam serta kayu manis. Kue sapik pula banyak dijual dipusat oleh- oleh Sumatera Barat.

12. Baluik kariang

Tidak hanya aneka kue, oleh- oleh khas padang pula terdapat yang berbentuk bahan santapan kering yang siap dimasak di rumah. Tidak hanya ikan bilih, terdapat pula oleh- oleh serupa ialah belut kering khas Minang. Di Padang, belut diawetkan dengan metode dikeringkan setelah itu dikemas serta dijual siap olah.

 

 

Posting Komentar untuk "12 oleh oleh dari sumatera barat"