5 objek wisata alam di sumatera selatan

objek wisata alam di sumatera selatan | Wisata alam di Sumatera Selatan bisa jadi rujukan kalian liburan. Bermacam- macam obyek wisata alam hendak memanjakan masing- masing mata yang memandangnya. Objek wisata alam di Sumatera elatan ini pula tidak kalah eksotisnya dengan wilayah lain serta dapat jadi referensi wisata dikala liburan datang.

Berikut ini Bolano Top News. id rangkumkan sebagian objek wisata alam di Sumatera Selatan yang harus kalian kunjungi.

5, objek wisata alam di sumatera selatan


 1. Goa Gadis

 Goa Gadis terletak di Desa Padang Bindu, Suka Merindu, Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu( OKU). Dikala merambah gua ini, wisatawan hendak disuguhkan panorama alam stalakmit serta stalaktit bermacam- macam wujud serta sangat luar biasa. Di balik keindahannya, Goa Gadis mempunyai cerita rakyat yang melegenda ialah tentang Sang Getir Lidah serta Gadis Dayang Merindu. Dayang Merindu ialah seseorang selir dari Prabu Amir Rasyid, penguasa Kerajaan Ogan dikala itu.

Pada sesuatu hari dikala si gadis tengah mandi di muara Sungai Semuhun, melintaslah Si Getir Lidah serta bernazar mau menyapa si gadis. Tetapi, merasa tidak dihiraukan sang gadis, Sang Getir Lidah berucap,“ Sombong sekali gadis ini, diam semacam batu”. Mendadak, gadis Dayang Merindu berganti jadi batu.

Sang Getir Lidah setelah itu mengarah desa tempat besar Dayang Merindu. Dikala menjumpai desa itu nampak hening, Sang Getir Lidah juga bergumam, “ Betapa sepinya desa ini, tidak ubahnya suatu goa”. Desa itu juga setelah itu berganti menjadi goa.

2. Gunung Dempo

 Gunung Dempo terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu, tepatnya Kota Pagaralam. Gunung Dempo mempunyai ketinggian 3. 159 mdpl serta ialah gunung paling tinggi ketiga di Sumatera.

Terlepas dari statusnya selaku gunung berapi aktif, Gunung Dempo diketahui selaku kawasan penghasil kopi robusta yang terkenal di Kota Pagaralam. Energi tarik utama gunung ini merupakan kawah gunungnya yang rupanya bisa berubah- ubah dari abu- abu, hijau tua, sampai biru.

3. Air Terjun Temam

Objek wisata alam di Sumatera Selatan yang dapat kalian kunjungi berikutnya merupakan Air Terjun Temam. Air terjun ini berlokasi di Kota Lubuk Linggau, tepatnya di Kleurahan Rahma, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan I. Air terjun ini mempunyai ketinggian 12 m dan lebar 26 m.

 Di dekat air terjun ada banyak batu- batuan alam dan pepohonan yang hijau dengan keadaan alam yang masih terpelihara. Air terjun Temam ini pula disebut selaku Niagara kecil, sebab penampakan air terjun ini mirip dengan air terjun Niagara yang terdapat di perbatasan Kanada serta Amerika Serikat.

Objek wisata yang satu ini bisa ditempuh dekat 35 menit dari pusat Kota Lubuk Linggau memakai kendaraan individu.

4. Danau Ranau

Danau Ranau ialah danau terbanyak di Sumatera Selatan sekalian danau terbanyak kedua di Pulau Sumatera sehabis Danau Toba. Danau Ranau terletak di perbatasan natara Kabupaten OKU Selatan serta Kabupaten Lampung.

Luas permukaan Danau Ranau merupakan 125, 9 km persegi dengan ke dalaman rata- rata 174 m dan kedalaman maksimum 229 m. Volume air yang terdapat dekat 21, 95 km3, posisinya 540 m di atas permukaan laut.

Panorama alam di dekat danau ini sangat indah. Kalian pula dapat memandang panorama alam Gunung Seminung serta air danau yang bercorak biru. Di posisi Danau Ranau pula terdapat tempat wisata lain, semacam Pulau Mariza yang terletak di tengah danau serta pemandian air panas yang memiliki belerang dan air terjun Subik Tuha.

5. Danau Air Batu

Danau Air Batu berlokasi di Desa Air Batu, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Musi Banyuasin. Lokasinya juga tidak begitu jauh dari Kota Palembang, ialah cuma dekat 50 menit ekspedisi. Danau Air Batu mempunyai air berwana kehijau- hijauan yang sangat jernih.

Ternyata danau ini tercipta dari sisa galian tanah. Walaupun begitu, panorama alam Danau Air Batu ini sangat indah serta jadi spot gambar kesukaan turis. Demikianlah uraian wisata alam di Sumatera Selatan. Kapan kalian ingin liburan ke mari?

 

 

Posting Komentar untuk "5 objek wisata alam di sumatera selatan"