9 Makanan khas sumatera selatan dan cara membuatnya

9 Makanan khas sumatera selatan dan cara membuatnya | Dikala mendengar Sumatera Selatan, Moms tentu hendak teringat dengan kota Palembang dan hidangan pempek yang populer. Sementara itu di wilayah sangat dasar pulau sumatera ini masih banyak sajian kuliner yang dapat Moms coba, lho. Penasaran?

Berikut catatan santapan khas Sumatera Selatan yang harus Moms coba dikala melancong kuliner. Santapan khas Sumatera Selatan mayoritas mempunyai bahan baku ikan, sepeti pempek. Kendati demikian, sebagian santapan khas Sumatera Selatan ini pula mempunyai sensari yang berbeda dikala dicoba lho, Moms.

9, Makanan khas sumatera selatan dan cara membuatnya


Ayo, ikuti kuliner khas Sumatera Selatan yang buat ngiler serta harus buat dicoba saat berwisata ke situ.

1. Model

Pada dasarnya, model berasal dari adonan yang sama dengan pempek kapal selam. Cuma saja, isian dalam panganan satu ini memakai ketahui bukan telor. Tidak cuma itu, dikala disajikan, model pula tidak memakai kuah cuko melainkan kaldu udang yang dicampir dengan dengan bihun dan dicampur dengan timun serta ebi.

Model terdiri dari 2 tipe, model ikan serta gendum. Model ikan terbuat dengan bahan yang nyaris sam dengan pempek. Sedangkan, model gendum dibuat dari tepung terigu. Umumnya model gendum ini lebih murah daripada model ikan. Santapan khas Sumatera Selatan sangat populer di Kota Palembang.

2. Mie Celor

Santapan khas Sumatera Selatan ini terdiri dari mie yang disajikan dengan kombinasi kuah santan serta kaldu ebi ataupun udang kering. Kuliner satu ini diberikan aksesoris seperti irisan telur, tauge, daun bawang, seledri serta taburan bawang goreng.

Salah satu keunikan dari santapan khas Sumatera Selatan ini merupakan dimensi mie yang mirip dengan udon.

3. Kue 8 Jam

Moms bisa jadi sempat mendengar kue 8 jam khas Palembang yang senantiasa dihidangkan saat Lebaran. Bagi sejarah, santapan khas Sumatera Selatan ialah kudapan istimewa para bangsawan di masa Kesultanan Palembang. Nama 8 jam diambil dari metode pembuatannya yang memerlukan waktu 8 jam hingga matang.

 

Bahan utama kue ini merupakan telur bebek yang banyak, gula pasir, mentega serta susu kental manis. Biasanya, tidak memakai tepung terigu.

4. Brengkes Tempoyak

Brengkes Tempoyak ialah masakan tradisional Sumatera Selatan yang biasanya menggunakan ikan patin selaku bahan utamanya. Uniknya, santapan khas Sumatera Selatan ini menggunakan fermentasi durian selaku kombinasi bumbunya.

5. Lenggang

Sajian kuliner khas Sumatera Selatan yang harus dicoba yang lain merupakan lenggang. Menu ini ialah tipe lain dari pempek, sebab terdiri dari pempek lenjer yang dibalut dengan telur. Uniknya, pembuatan pempek ini memakai daun pisang buat proses memasaknya. Adonan Lenggang hendak dibungkus dengan daun pisang serta dibangun kotak saat sebelum kesimpulannya dipanggang sampai matang.

Terdapat rasa yang unik dari menu ini yang membuat Lenggang sangat digemari. Dalam penyajiannya, Lenggang hendak dicampur dengan saus cuka.

6. Tekwan

Tekwan merupakan penganan khas Palembang yang dibuat dari kombinasi daging ikan serta tapioka, yang dibangun berbentuk bulatan kecil- kecil, serta disajikan dalam kuah udang dengan rasa yang khas. Metode membuat pentol tekwan dapat dibilang mirip dengan formula pempek.

Santapan khas Sumatera Selatan ini umumnya disajikan dengan aksesoris semacam sohun, potongan bengkoang serta jamur. Setelah itu ditaburi potongan daun bawang, seledri, serta bawang goreng.

Nama tekwan berasal dari kata" Berkotek Samo Kawan", yang dalam bahasa Palembang artinya duduk bersama sahabat ataupun dari bahasa Min Selatan tê- kuàn yang berarti kotak teh.

7. Laksan

Laksan merupakan santapan khas Sumatera Selatan yang dibuat dari tepung sagu serta ikan. Sekilas panganan ini mempunyai wujud yang sama dengan pempek. Cuma saja, metode penyajian Laksan berbeda dengan pempek. Bila pempek memakai kuah cuka yang asam, manis serta pedas, hingga Laksan memakai kuah santan.

Kuah yang digunakan buat menyiram Laksan mirip dengan kuah pada lontong sayur. Terdapat rasa yang begitu gurih dari kuah tersebut.

8. Celimpungan khas Sumatera Selatan

Ikan telah mejadi salah satu bahan baku yang senantiasa terdapat di tiap santapan khas Sumatera Selatan, tercantum celimpungan. Santapan ini terbuat dengan bahan bawah sagu serta campuran ikan sama semacam pempek.

Perbandingan antara celimpungan dengan pempek ada pada kuah dikala penyajian. Makanan khas Sumatera Selatan ini mempunyai kuah yang cenderung lebih kenyal serta bercorak kuning. Jika soal tekstur, celimpungan lebih renyah dibanding pempek. Wujudnya juga lebih pipih dibanding dengan pempek.

9. Martabak HAR

Santapan khas Sumatera Selatan lain yang butuh Moms coba merupakan Martabak HAR. Walaupun populer dari Palembang, namun santapan ini aslinya berasal dari India. Nama HAR ialah singkatan dari Haji Abdul Razak, saudagar Palembang generasi India yang menikah dengan perempuan asli Palembang. Panganan satu ini mulai diketahui semenjak 1947 di Jalur Sudirman Palembang serta masih berdiri kuat sampai dikala ini lho Moms.

Martabak ini berbahan bawah tepung terigu, yang diberi telor bebek serta telor ayam, kuahnya berbahan kari kambing yang dicampur kentang. Meski berasal dari india tetapi Martabak HAR Palembang ini berbeda dengan martabak india, Martabak HAR mempunyai kulit martabak yang lebih renyah serta mempunyai kuah kari yang tidak sangat kental, aroma yang tidak sangat menusuk serta rasa yang tidak sangat kuat semacam kuah kari asli India.

Posting Komentar untuk "9 Makanan khas sumatera selatan dan cara membuatnya"