9 oleh oleh khas sumatera selatan

oleh oleh sumatera selatan | Jauh- jauh berkunjung ke ibukota Sumatera Selatan. Rasanya tidak cocok jika belum membawa oleh- oleh khas Palembang ini ke rumah. Populer hendak pempeknya yang telah menyebar ke segala penjuru Indonesia. Kota Palembang pula mempunyai berbagai oleh- oleh yang selalu dicari turis. Ikuti dahulu 12 berbagai oleh oleh khas palembang yang harus dicoba dan dibawa kembali berikut ini!

9, oleh oleh khas sumatera selatan


1. Oleh- oleh khas Palembang“ Kemplang”

Kemplang merupakan kerupuk yang dibuat dari ikan di wilayah sumatera semacam Palembang dan Bangka. Kemplang mempunyai tesktur agresif tetapi renyah serta gampang dikunyah. Walaupun terdapat sebagian metode memasak kemplang. Tetapi yang sangat khas merupakan yang terbakar.

Adonan kemplang tersebut terbakar di atas bara api. Sehingga mempunyai bau serta rasa yang khas. Kemplang ini biasanya dimakan dengan sambal terasi. Kisaran harga kemplang sendiri bergantung dari bahan dasarnya. Kemplang berbahan bawah ikan tenggiri hendak lebih murah dibandingkan ikan gabus.

2. Lempok durian

Menyamai dodol pada biasanya dengan rasa manis yang kaya. Perbedaannya cumalah lempok merupakan dodol yang bahan bakunya dari durian serta gula. Pembuatan lempok dicoba secara turun termurun. Sehingga rasanya senantiasa khas serta terpelihara. Dimasak dengan memakai kayu bakar dengan waktu yang lumayan lama. Jangan kurang ingat incip mencicip lempok ini ya!

3. Kue maksuba

Kue maksuba merupakan sejenis kue lapis khas palembang. Disajikan cuma pada kegiatan khusus serta tamu- tamu tertentu. Menjadikan kue maksuba mempunyai makna spesial tertentu. Seperti secara tidak langsung mengutarakan penghormatan pada tamu ataupun kegiatan tertentu. Umumnya kerap ditemui pada perkawinan, lebaran, serta sebagainya.

Proses pembuatan maksuba bukanlah gampang. Dengan bahan bawah telur bebek, mentega, dan tidak ketinggalan gula. Pembentuk nya wajib telaten serta teliti. Dengan metode menambahkan satu lapis secara berkala. Pembuatan kue ini juga lumayan terbilang susah. Tiap loyang kue memerlukan dekat 28 telur bebek. Uniknyam, kue ini tidak memakai pengembang pada proses pembuatannya!

 

4. Kue kojo

Bolu ataupun kue Kojo ialah kue pandan ataupun suji khas Palembang. Kojo berarti kemojo ataupun kamboja. Nama ini diambil sebab wujud loyang kue yang menyamai bunga kamboja. Kue yang banyak dihidangkan di acara- acara adat palembang. Dengan warna hijau nya yang khas, menjadikan kue tradisional pula salah satu oleh oleh khas palembang yang cukup populer.

Berbeda dengan bahan kue pada biasanya nih bukan telur ayam melainkan bebek yang digunakan buat membuat kue khas Palembang ini. Tidak hanya itu bahan utama yang lain mentega serta daun pandan ataupun daun suji.

Nah daun inilah yang membuat kue kojo mempunyai aroma harum yang berbeda dari kue tradisional palembang yang lain. Metode memasaknya sendiri dipecah menjadi 2. Ialah dikukus serta dipanggang. Tidak hanya di Palembang kalian bisa jadi bisa menciptakan jenis kue tradisional ini di Jambi, Riau, serta bengkulu.

5. Rusak seribu

Tidak hanya kemplang terdapat pula tipe kerupuk lain yang populer di Palembang. Namanya pecah seribu, bersama dibuat dari ikan tetapi cita rasanya berbeda. Bahan yang digunakan untuk membuat rusak seribu mirip dengan kerupuk ikan biasa. Perihal yang buatnya beda adalah pada dikala peroses pembuatan.

Bila mayoritas kerupuk ikan digoreng dengan metode biasa, kerupuk ini mempunyai teknik berbeda waktu penggorengan. Proses penggorengannya lah yang membuat kerupuk ini memiliki tekstur unik semacam rusak ataupun retak seribu. Penampilan kerupuk ini juga unik menyerupai mangkok. Bukan cuma lezat dijadikan kemilan, tipe kerupuk ini pula lezat dimakan bersama nasi ataupun sahabat menyantap tekwan.

6. Ikan salai

Bisa jadi masih banyak yang belum mengenali Palembang memiliki tipe santapan khas selain pempek. Misalnya saja ikan salai yang sesuai dijadikan buah tangan dikala kembali berlibur dari Palembang. Salai ikan merupakan tipe ikan yang diawetkan dengan metode diasap. Hampir sama dengan ikan cakalang yang terkenal di Minahasa, salai ikan pula mempunyai cita rasa yang nyaris sama.

Tipe ikannya lah yang membuat ikan salai berbeda dengan ikan cakalang. Bahan baku pembuatan ikan salai merupakan ikan patin, gabus, ikan baung ataupun ikan lais. Ikan salai dibuat dari tipe ikan baung serta lais yang sangat diminati. Tidak butuh bingung mencernanya, kalian dapat memasak dengan bumbu pindang ataupun dapat pula digoreng garing.

7. Bolu suri

Jika dilihat- lihat penampilan dari bolu suri ini mirip kue bika ambon khas Medan. Bahan- bahan yang digunakan buat membuat bolu khas Palembang ini lebih simpel jika dibanding dengan bika ambon. Bolu suri cuma memakai 10 butir telur saat pembuatannya. Bila tertarik buat bawa kembali kue khas ini kalian dapat membelinya di sebagian toko oleh- oleh di Palembang.

8. Tempoyak

Tempoyak pula dapat jadi oleh- oleh unik dari Palembang. Tentu kalian telah ketahui dong jika tempoyak dibuat dari kombinasi daging durian yang diolah jadi sambal. Sambal tempoyak ini telah jadi bagian dari warga Palembang. Sambal khas ini menjadi aksesoris dikala makan. Sambal tempoyak ini sangat lezat dimakan bersama pindang patin dan masakan khas Palembang yang lain.

9. Pempek

Santapan khas yang satu ini jadi santapan yang harus dimakan dikala terletak di Palembang. Jika telah terdapat di Palembang, pempek memanglah jadi santapan yang harus. Tidak hanya dimakan di Palembang, pempek pula jadi oleh- oleh kesukaan para turis. Salahs atu tempat makan pempek yang populer merupakan Pempek Candy.

Di Pempek Candy kalian dapat memilah pempek yang telah dibekukan. Bila tidak pernah tiba ke toko utamanya, kalian pula dapat menciptakan Pempek Candy di lapangan terbang.

Posting Komentar untuk "9 oleh oleh khas sumatera selatan"